[Download Logo]

Magister Ilmu Hukum

VISI, MISI, TUJUAN DAN SASARAN, SERTA STRATEGI PENCAPAIAN
Nomor SK Pendirian : 501/M/Kp/IX/2015, Tertanggal 10 September 2015
Pejabat Penandatangan SK Pendirian : Mohamad Nasir
Bulan & Tahun Dimulainya Penyelenggaraan : Januari 2016
Peringkat (Nilai) Akreditasi : Terakreditasi
Ketua Program Studi : Prof. Dr. I Nyoman Budiana, S.H., M.Si.

Visi Program Studi Magister Ilmu Hukum

Dengan tetap berpedoman pada visi Program Pascasarjana Undiknas dan Renstra Program Pascasarjana Undiknas, maka dibuatkan visi sebagai berikut:
Magister Ilmu Hukum Undiknas Sebagai Lembaga Pendidikan Tinggi Yang Terdepan Dalam Mutu Pendidikan Ilmu Hukum, Profesional dan Berwawasan Global

Misi Program Studi Magister Ilmu Hukum

Berdasarkan pada visi tersebut serta mempertimbangkan kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan yang dimiliki, maka prodi MH Undiknas mempunyai misi bahwa Lulusan prodi MH Undiknas :
a. Menciptakan niklim dan budaya akademik yang kondusif bagi kegiatan pendidikan, penelitian dan pengembangan ilmu hukum yang relevan dengan tuntutan dan kebutuhan mesyarakat khususnya di bidang business law, legal of litigation dan state law.
b. Menyelenggarakan Pendidikan Magister Ilmu Hukum secara professional yang berbasis pada Informasi Teknologi untuk menghasilkan Sarjana Strata Dua (S2) yang kompeten di bidang hukum, mampu bersaing di tingkat nasional dan berwawasan global.
c. Menyelnggarakan pendidikan di bidang ilmu hukum yang mampu menghasilkan lulusan yang menguasai ilmu hukum dengan berlandaskan pada nilai-nilai etika, moral serta mampu bekerjasama dalam tim.
d. Menyelenggarakan penelitian Ilmu Hukum secara periodik dalam kerangka meningkatkan keahlian melalui penelaahan fenomena hukum sebagai antisipasi pembaharuan hukum.
e. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat secara periodic dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran hukum dan kepatuhan masyarakat terhadap hukum.
f. Memfasilitasi proses pembelajaran di bidang Magister Ilmu Hukum untuk memenuhi kebutuhan masyarakat agar lulusan mampu memecahkan persoalan hukum aktual dan memberikan pelayanan hukum kepada masyarakat dengan sebaik-baiknya.
g. Melaksanakan aktivitas yang dapat menjadikan lulusan memiliki karakter yang baik di sisi etika, moral dan kejujuran.
h. Menjalin kerjasama melalui jejaring komunitas profesional dalam perspektif global-multikultural.

Tujuan Program Studi Magister Ilmu Hukum

Dalam rangka menjalankan misi, prodi MH Undiknas menetapkan beberapa tujuan strategis dengan rumusan berikut:
a. Menghasilkan lulusan Magister Ilmu Hukum yang berjiwa Pancasila dan memiliki integritas kepribadian yang tinggi serta karakter yang baik.
b. Menghasilkan lulusan Magister Ilmu Hukum yang profesional, objektif, independen dan berkualitas dalam melakukan penelaahan teori hukum dan pemecahan permasalahan hukum.
c. Menghasilkan lulusan Magister Ilmu Hukum yang tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu dan teknologi (IPTEK).
d. Menghasilkan lulusan Magister Ilmu Hukum yang mempunyai kemampuan untuk menerapkan pengetahuan dan memiliki keterampilan teknologi, sehingga mampu bersaing di tataran nasional dan global.
e. Menghasilkan lulusan yang menguasai kaidah-kaidah ilmiah dan pengetahuan di bidang ilmu hukum sehingga mampu menganalisis serta menemukan cara penyelesaian masalah hukum dalam lingkup keahliannya.

Sasaran dan Strategi Pencapaian Program Studi Magister Ilmu Hukum

Sasaran jangka menengah (2016-2020) yang ingin dicapai oleh prodi MH Undiknas adalah :
a. Terwujudnya lulusan yang mampu menguasai kecakapan konseptual dan kecakapan teknis dengan sangat baik;
b. Terwujudnya lulusan yang mampu menjadi peneliti dalam rangka pengembangan IPTEK;
c. Terwujudnya lulusan yang memiliki kepedulian sosial yang tinggi kepada masyarakat dan lingkungan;
d. Menghasilkan lulusan yang mampu melakukan pekerjaan konseptual secara profesional dan memiliki kompetensi serta keunggulan bersaing di tataran nasional & global, serta mampu bekerja di bawah tekanan akibat pekerjaan yang ditekuni;
e. Menghasilkan lulusan yang dapat diterima di perguruan tinggi terkemuka untuk melanjutkan studi pada jenjang yang lebih tinggi (S3);
f. Meningkatnya kemampuan sivitas akademika yang mandiri (independent), memiliki otonomi dan kemampuan mengarahkan dirinya (self-directed) dalam melakukan berbagai kegiatan akademik;
g. Kerjasama dengan masyarakat, swasta, dan pemerintah dalam rangka implementasi perguruan tinggi;
h. Kerjasama di bidang pendidikan dan penelitian dengan lembaga pendidikan sejenis di tataran regional (CAFTA) dan global terimplementasikan dengan sangat baik.

Strategi yang sudah dilakukan antara lain:
1. Pengembangan Kualitas Sumber Daya Manusia
Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) bagi tenaga edukatif diarahkan agar menjadi tenaga yang profesional, mampu bersaing serta mampu berpartisipasi dalam forum-forum wilayah dan forum-forum nasional, regional dan global, memiliki integritas dan karakter pribadi yang baik, dan mempunyai komitmen yang kuat terhadap Fakultas Hukum, Program Pascasarjana dan Universitas. Sedangkan bagi tenaga administratif, pengembangan diarahkan untuk menjadi tenaga profesional yang selalu berorientasi pada peningkatan pelayanan terhadap seluruh aspek administrasi, baik administrasi akademik maupun non akademik.
2. Pengembangan kurikulum Program Studi Magister Ilmu Hukum
Pengembangan kurikulum Program Studi Magister Ilmu Hukum mengarah pada kurikulum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), sehingga sesuai dengan perkembangan Iptek (ilmu pengetahuan dan teknologi), kebutuhan pasar tenaga kerja, dan kebutuhan pembangunan bangsa serta kemanusiaan.
3. Pengembangan Sarana Fisik
Pengembangan sarana fisik selalu diupayakan untuk dapat memenuhi kebutuhan proses belajar mengajar, serta untuk menunjang berbagai kegiatan dan pelayanan kepada mahasiswa dan tenaga pendidik (dosen).
4. Pengembangan Teknologi
Kemajuan teknologi di bidang sistem informasi, komunikasi dan informasi (information, technology and communication/ICT) dan audio-visual dimanfaatkan dalam meningkatkan kuantitas dan kualitas proses belajar mengajar, penelitian, publikasi ilmiah, dan pelayanan administrasi.
5. Penciptaan lingkungan dan non akademik yang kondusif
Terus menerus diupayakan penumbuhkembangan budaya akademik (academic culture) bagi mahasiswa Magister Ilmu Hukum dan tenaga pendidik (dosen) serta corporate culture bagi pejabat struktural dan tenaga adminislratif.
6. Peningkatan Citra Program Studi Magister Ilmu Hukum
Peningkatan citra Program Studi Magister Ilmu Hukum diperlukan untuk menyebarluaskan keberadaan Magister Ilmu Hukum Undiknas Denpasar, di antaranya dengan berbagai program kegiatan, baik yang bersifat akademik maupun kegiatan non akademik, yang semuanya merupakan implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi serta pengayaan kegiatan dalam upaya mengasah soft skills mahasiswa Magister Ilmu Hukum. Di samping itu, pencitraan Program Studi Magister Ilmu Hukum dilakukan melalui media massa, baik cetak maupun elektronik.
 
 
Copyright © 2010 pasca-undiknas.ac.id | Designed by Team Cybernet Pascasarjana Undiknas | All Rights Reserved