[Download Logo]

Pascasarjana Undiknas

VISI, MISI, TUJUAN DAN SASARAN, SERTA STRATEGI PENCAPAIAN
Nama Perguruan Tinggi : Universitas Pendidikan Nasional
SK Pendirian Institusi : 0253/0/1984, Tertanggal 13 Juni 1984
Pejabat yang Menerbitkan SK : Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI (Mendikbud RI)
Nomor SK Pendirian : 95/DIKTI/Kep/2000, Tertanggal 17 April 2000
Pejabat Penandatangan SK Pendirian : Satryo Soemantri Brojonegoro
Program Studi yang dikelola : 1. Program Studi Magister Manajemen (MM) (S2) Download Brosur
: 2. Program Studi Magister Administrasi Publik (MAP) (S2) Download Brosur
Direktur : Prof. Gede Sri Darma, D.B.A.

Visi Program Pascasarjana

Menjadi Program Pascasarjana yang berkualitas, berinovasi, berwawasan global dan konsisten dalam melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi.

Misi Program Pascasarjana

1. Konsisten meningkatkan kualitas dan kuantitas kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi
2. Menciptakan iklim akademik (academic atmosphere) di lingkungan Pascasarjana Undiknas Denpasar.
3. Memotivasi dan memfasilitasi sivitas akademika Pascasarjana Undiknas Denpasar untuk selalu berinovasi dan selalu produktif di bidang keilmuan yang ditekuni.
4. Selalu meng-update dan mengimplementasikan perkembangan IPTEK yang berskala global

Tujuan Program Pascasarjana

1. Melaksanakan proses belajar mengajar secara konsisten sesuai dengan SOP, GBPP, dan SAP yang telah ditentukan Pascasarjana.
2. Meningkatkan aktivitas penelitian dikalangan dosen Pascasarjana Undiknas sehingga dapat menghasilkan temuan-temuan baru dibidang IPTEK.
3. Menciptakan berbagai inovasi mutakhir di bidang IPTEK
4. Melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat sehingga dapat berkontribusi secara maksimal dan optimal pada masyarakat, pengguna lulusan, pemerintah, serta bangsa dan negara

Sasaran dan Strategi Pencapaian Program Pascasarjana

Sasaran yang ingin dicapai Program Pascasarjana:
1. Melaksanakan proses belajar mengajar, penelitian dan pengabdian masyarakat secara konsisten sesuai dengan perkembangan IPTEK dan seni. Untuk mencapai sasaran ini dilakukan strategi sebagai berikut :
  • a. Melaksanakan proses belajar mengajar secara efektif dan berkualitas
  • b. Selalu menigkatkan kualitas tenaga pengajar
  • c. Meningkatkan kualitas dan kuantitas dan aktivitas penelitian
  • d. Memotivasi aktivitas akademika untuk merebut berbagai hibah penelitian maupun hibah pengabdian pada masyarakat
  • e. Merancang dan melaksanakan berbagai ragam dan kualitas pengabdian masyarakat yang paling sesuai dengan kebutuhan dan problematika masyarakat
2. Menciptakan suasana dan budaya membaca, diskusi keilmuan di lingkungan civitas akademika. Sasaran ini dapat dilakukan dengan kegiatan :
  • a. Mendesain secara rutin dan berkesinambungan diskusi-diskusi akademik di lingkungan civitas akademika
  • b. Membudayakan tradisi membaca, dikalangan dosen dan mahasiswa
  • c. Membudayakan dosen dan mahasiswa mengakses berbagai informasi lewat internet
  • d. Mensosialisasikan berbagai moto yang dapat menggugah gairah dan semangat untuk berkreativitas akademik, penelitian dan pengabdian pada masyarakat
3. Mendorong dan memotivasi civitas akademika untuk melakukan berbagai inovasi di bidang Tridharma Perguruan Tinggi. Aktivitas yang dapat dilakukan untuk dapat mewujudkan sasaran ini adalah :
  • a. Mengasah dan memfasilitasi naluri risert dosen dan mahasiswa sehingga selalu dapat menghasilkan temuan-temuan yang mutakhir
  • b. Membiasakan kegiatan diskusi-diskusi atau lokakarya yang berkait dengan temuan-temuan terbaru sehingga terasa untuk berinovasi
  • c. Memberikan dan mensosialisasikan berbagai temuan baru baik yang berskala nasional maupun internasional sehingga civitas akademika mempunyai acuan untuk berkreatifitas dan berinovasi.

Strategi pencapaian:
1. Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) bagi tenaga edukatif diarahkan agar menjadi tenaga yang profesional, mampu bersaing serta mampu berpartisipasi dalam forum-forum ilmiah baik yang berskala regional, nasional, maupun internasional. Memiliki integritas pribadi yang baik, dan mempunyai komitmen yang kuat terhadap kampus. Sedangkan bagi tenaga administratif, pengembangan diarahkan untuk menjadi tenaga profesional yang selalu berorientasi pada peningkatan pelayanan terhadap seluruh aspek administrasi, baik administrasi akademik maupun non akademik.
2. prodi selalu diupayakan sesuai dengan perkembangan IPTEK (ilmu pengetahuan dan teknologi), kebutuhan pasar tenaga kerja, dan kebutuhan pembangunan bangsa dan kemanusiaan pada umumnya. Untuk itu, kurikulum setiap prodi diupayakan berorientasi pada pengembangan kemampuan penalaran, keterampilan mengaplikasikan Iptek, dan menjunjung tinggi nilai-nilai etika, moral dan kejujuran. Dalam upaya memenuhi semua itu, minimal setiap 2 (dua) tahun sekali dilakukan evaluasi kurikulum yang telah ada. Dalam evaluasi tersebut, pihak fakultas mengundang beberapa alumni, dosen dan stakeholdders untuk dimintai saran dan masukan.
3. Pengembangan sarana fisik diupayakan untuk dapat memenuhi kebutuhan proses belajar mengajar, untuk menunjang berbagai kegiatan dan pelayanan kepada mahasiswa dosen. Meskipun pengembangan sarana fisik dilakukan secara sentralisasi di tingkat Universitas, namun pascasarjana undiknas selalu melakukan renovasi dan pembaharuan fasilitas kampus sesuai dengan kemampuan keuangan yang dimiliki
4. Kemajuan teknologi di bidang sistem informasi, komunikasi dan informasi (information, technology and communication / ICT) dan audio-visual dimanfaatkan dalam meningkatkan kuantitas dan kualitas proses belajar mengajar, penelitian, publikasi ilmiah, dan pelayanan administrasi.
5. Untuk menciptakan lingkungan akademik dan non akademik yang kondusif, maka terus menerus diupayakan ditumbuhkan budaya akademik (academic culture) bagi mahasiswa dan dosen serta corporate culture bagi pejabat struktural dan tenaga administratif.
6. Peningkatan citra Program Pascasarjana diperlukan untuk menyebarluaskan keberadaan Program Pascasarjana Undiknas Denpasar dengan berbagai program kegiatan, baik yang bersifat akademik maupun kegiatan non akademik, yang semuanya merupakan implementasi dari Tri Darma Perguruan Tinggi serta pengayaan kegiatan dalam upaya mengasah soft skills mahasiswa.
7. Untuk mengaplikasikan IPTEK di dunia prtaktis dan juga bisa berkontribusi dalam upaya melaksanakan pengabdian kepada masyarakat maka Program Pascasarjana Undiknas Denpasar melakukan kerjasama dengan berbagai pihak baik yang berskala regional, nasional maupn internasional. Demikian juga halnya dengan pihak yang diajak menjalin kerjasama tidak hanya dengan perguruan tinggi namun juga dengan institusi lain seperti instansi pemerintah, pihak swasta maupun institusi atau pranata sosial yang dianggap relevan.
 
 
Copyright © 2010 pasca-undiknas.ac.id | Designed by Team Cybernet Pascasarjana Undiknas | All Rights Reserved