Kunjungan JBB Kali Kedua Menambah Semangat Dosen Undiknas dalam Melakukan Penelitian

Last Update: 2016-10-19    285 views

Pascasarjana Undiknas kembali kedatangan tamu dari redaksi JBB UI untuk kedua kalinya dan diterima oleh Ketua Program Studi Magister Administrasi Publik, Dr. Nyoman Subanda. Kunjungan kali ini lebih mendetail dan menyemangati para peneliti serta dosen agar lebih giat lagi dalam menulis dan melakukan penelitian. Salah satu artikel yang sudah masuk ke dapur redaksi adalah artikel dari Dr. Nyoman Subanda yang saat ini masih terus berbenah agar bisa tembus untuk dipublikasi.

JBB UI adalah jurnal terakreditasi nasional yang sudah terindex proquest. Artikel yang tembus dalam jurnal ini akan memperoleh kum sebesar 25. JBB UI adalah satu-satunya jurnal administrasi yang terakreditasi secara nasional dan berbahasa inggris. JBB terbit 3 kali dalam setahun.

JBB UI memprioritaskan artikel yang berbasis field research bukan desk research. Syarat lain yang harus dipenuhi untuk tembus jurnal JBB adalah tentunya bebas plagiasi dan penulisannya disesuaikan dengan pedoman. Penulis dapat melakukan submission artikel secara manual melalui email atau menggunakan open journal system (OJS) yang sudah disediakan.

Kembali ditegaskan setelah artikel diterima tahap pertama yang dilakukan adalah initial review. Pada tahap ini jurnal diseleksi terlebih dahulu apakah termasuk field research atau desk research. Artikel kemudian direvisi pada tata cara penulisan dan keaslian jurnal. Setelah lolos, isi dari artikel direview kembali secara  blind review oleh reviewer yang sudah dipilih. Reviewer akan memberikan list tentang revisi-revisi artikel, kemudian artikel direvisi awal oleh penulis. Jika sudah direvisi, artikel dikirimkan kembali dan dicek kembali oleh redaktur tentang penulisan yang disebut tahap manuscript editor. Penulis kembali melakukan revisi akhir mengenai tata tulis dan sebagainya agar sesuai dengan format yang ditentukan JBB. Jika artikel sudah dianggap layak tahap terakhir adalah review bahasa dan setelah sesuai artikel dibuatkan layout yang seragam dengan artikel lain baru kemudian siap diterbitkan.

Dr. Subanda mengisyaratkan kepada dosen-dosen muda di Undiknas, khususnya dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Politik untuk mengirimkan artikel-artikel hasil penelitiannya ke JBB. Dr. Subanda sangat optimis bahwa artikel-artikel dari dosen Undiknas dapat tembus ke JBB, karena dosen-dosen Undiknas sudah terbiasa menulis dengan format seperti jurnal JBB. Kata kunci agar dapat tembus pada jurnal tersebut adalah penelitian yang dilakukan memiliki unsur pembeda dari penelitian yang lain.

 
 
Copyright © 2010 pasca-undiknas.ac.id | Designed by Team Cybernet Pascasarjana Undiknas | All Rights Reserved