Undiknas Graduate School

Magister Manajemen (MM)


Kepala Program Studi : Agus Fredy Maradona, Ph.D., CA.
Alamat : -
Telepon : -
Email : -

 

LATAR BELAKANG

Pada era abad ke-21 kehidupan perusahaan dihadapkan kepada kondisi-kondisi  yang sangat dinamis, yang dicirikan oleh (1) Persaingan semakin ketat, baik pada tataran lokal maupun global; (2) Lingkungan perusahaan yang diwarnai oleh ketidakpastian masa depan, yang sering menimbulkan kecemasan dan ketegangan, bahkan dapat menimbulkan disintegrasi dan disorientasi kehidupan perusahaan; dan (3) Lingkungan perusahaan yang penuh dengan perubahan dalam berbagai aspek kehidupan.

Lingkungan perusahaan yang karakteristiknya seperti tersebut akan menyebabkan tingkat ketidakpastian dan ketidakefektifan rencana strategis perusahaan meningkat. Di samping itu, perusahaan dewasa ini juga dihadapkan kepada manajemen semakin bersifat multi-budaya sebagai konsekuensi dari era globalisasi dengan ciri utamanya adalah hilangnya batas-batas wilayah ekonomi antar negara, suatu fenomena yang dikenal dengan istilah borderless world. Ini berarti, globalisasi menuntut gerakan yang melampaui satu lingkungan budaya khusus dan masuk ke dalam arena transkultural. Hal itu menyebabkan tumbuh dan berkembangnya keragaman dalam angkatan kerja yang bersifat multibudaya.

Era multi-budaya dapat berdampak positif dan negatif. Dampak positif dapat memperkaya khasanah budaya dan luasnya serta ragamnya komunikasi di dalam perusahaan, sedangkan dampak negatif dapat berkembang potensi konflik, unjuk rasa, miskomunikasi, perpecahan atau bahkan dapat terjadi disintegrasi antar seluruh komponen yang ada dalam perusahaan.

Perkembangan bisnis di era abad ke-21 tersebut di atas sangat membutuhkan pimpinan yang berwawasan ke depan (visioner), sekaligus pimpinan yang memiliki kemampuan mengelola sumber daya manusia multi-budaya dan melakukan negosiasi kepentingan-kepentingan perusahaan atau organisasi antar dan lintas budaya. Dengan tuntutan perkembangan perusahaan tersebut menyebabkan para lulusan Sarjana (Sl)  belum cukup untuk meraih sukses di dalam merebut peluang kerja atau di dalam meningkatkan sumbangan kinerja / produktivitas perusahaan. Kalangan sarjana, baik yang sudah bergabung dengan suatu perusahaan maupun yang belum, bila mereka tidak memiliki pengetahuan, keterampilan praktis dan kemampuan analisis yang baik serta kemampuan mengelola sumber daya manusia multibudaya yang sangat kritis, maka akibat buruk yang menghadang adalah tertutupnya peluang kerja bagi mereka yang belum bergabung dengan suatu perusahaan dan sebaliknya bagi mereka yang telah bekerja akan dihadapkan kepada ancaman pemutusan hubungan kerja (PHK). Karena semua manajer, baik lini (manajer keuangan, pemasaran, dan produksi) maupun staf, pasti mereka ini adalah pengelola sumber daya manusia, di samping sumber daya lainnya. Dengan kata lain semua manajer melaksanakan fungsi sumber daya manusia.

Atas dasar tersebut di atas, Program Magister Manajemen Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Nasional Denpasar yang telah ditetapkan berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan   Nasional Republik Indonesia Nomor : 95/DIKTI/Kep/2000 tanggal 17 April 2000 dan memperoleh perpanjangan ijin No. 3643/D/T/2005 memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi mereka yang ingin meningkatkan kemampuan manajerialnya.

Melalui interaksi selama 16-18 bulan dengan para dosen yang memiliki integritas tinggi, keahlian dan keterampilan serta pengalaman yang memadai akan bertindak selaku fasilitator, dan sekaligus sebagai instruktur lokakarya yang berpengalaman diharapkan mampu mengantarkan mahasiswa sebagai manajer yang berwawasan ke depan dan mampu mengelola sumber daya manusia multi dimensi secara profesional. Program Studi MM-Undiknas menginginkan agar lulusannya memiliki ilmu pengetahuan, nilai-nilai luhur dan integritas yang tinggi  yang dapat diterapkan di tempat kerja masing-masing. Tujuan utama program studi ini adalah untuk memberikan kesempatan pendidikan pascasarjana di bidang manajemen, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat Di samping itu, lulusan Program Studi MM-Undiknas akan memiliki kemampuan akademik untuk melanjutkan ke program pendidikan Doktor (S3).

VISI DAN MISI

Visi Program Studi MM Undiknas

Misi Program Studi Magister Manajemen Undiknas

Berdasarkan pada visi Program Studi MM-Undiknas serta mempertimbangkan kekuatan, kemampuan, peluang serta tantangan yang dimiliki oleh Undiknas Denpasar, maka Program Studi MM-Undiknas mempunyai misi sebagai berikut:

Sasaran

Sejalan dengan misi program studi, maka berikut dijelaskan sasaran dari Program Studi MM-Undiknas adalah:

Tujuan Program Studi

Dalam rangka menjalankan misinya, Program MM-Undiknas telah menetapkan beberapa tujuan strategis dengan rumusan berikut:

Apabila diamati secara lebih teliti, tujuan strategis tersebut di atas mencakup tujuan strategis untuk mendapat input (masukan terbaik), tujuan proses (yaitu kurikulum terbaik dan proses yang paling efesien dan efektif), serta tujuan output (yaitu lulusan dengan mutu terbaik dan citra sebagai lembaga pendidikan berkualitas).



Mata Kuliah yang Ditawarkan


No Kode Mata Kuliah SKS Semester
Semester 1
1 WKM1 Human Resources Management 3 1
2 WKM3 Marketing Management 3 1
3 WKM4 Operational Management 3 1
4 WKM8 Human Capital Management 3 1
5 WPM10 Digital Business 3 1
6 WPM2 Management Information Systems 3 1
Semester 2
1 AAM1 Business Research Method 3 2
2 AAM3 Statistics for Research 2 2
3 WKM2 Financial Management 3 2
4 WKM7 Strategic Management 3 2
5 WKM9 Managerial Finance 3 2
6 WPM8 Business Economics 2 2
7 WPM9 Managerial Accounting 3 2
Semester 3
1 KM10-6 Value Chain Management 2 3
2 KM2-5 Customer Behavior and Marketing Strategy 2 3
3 TM1 Proposal Penelitian 2 3
4 WPM3 Managerial Economics 3 3
5 WPM5 General Business Environment 3 3
6 WPM6 International Business 3 3
7 WPM7 Management Accounting 3 3
Semester 4: Terdiri atas matakuliah wajib dan pilihan sesuai dengan konsentrasi yang dipilih
1 KM1-7 Leadership and Team Management 2 4
2 KM10-1 Strategic Leadership and Corporate Governance 2 4
3 KM10-2 Strategy & Management Control 2 4
4 KM10-3 Managing Strategy Formulation & Execution 2 4
5 KM10-4 Advanced Competitive Strategy 2 4
6 KM10-5 Entrepreneurship and Business Plan 2 4
7 KM2-1 International Marketing 2 4
8 KM2-6 Entrepreneurial Marketing 2 4
9 KM3-10 Financial Technology (Fin-Tech) 2 4
10 KM3-11 Entrepreneurial Finance 2 4
11 KM3-2 International Investment Management 2 4
12 KM3-4 Advanced Financial Management 2 4
13 KM3-7 Business and Financial Fraud 2 4
14 KM3-8 Enterprise Risk Management 2 4
15 KM3-9 Capital Market and Banking 2 4
16 KM4-1 International Accounting 2 4
17 KM4-2 Information System Audit 2 4
18 KM4-3 Management Audit 2 4
19 KM4-4 Financial Accounting Seminar 2 4
20 KM5-1 Change Management 2 4
21 KM5-3 Enterprise Business Management 2 4
22 KM5-4 Competition Dynamic and Business Cooperation 2 4
23 KM6-1 Cash Management Systems 2 4
24 KM6-2 Enterprise Business Systems 2 4
25 KM6-3 Decision Support Systems 2 4
26 KM6-4 Developing Business Strategies 2 4
27 KM9-3 Hospital Issues 2 4
28 KM9-5 Business and Hospital Entrepreneurship 2 4
29 KM9-6 Healthcare Legal and Ethics 2 4
30 TM2 Tesis 4 4
Total45

Waktu Perkuliahan


Alternatif 1
  Selasa: 17.00 s.d 22.00 Wita
  Rabu: 17.00 s.d 22.00 Wita
  Kamis: 17.00 s.d 22.00 Wita
Alternatif 2
  Jumat: 17.00 s.d 22.00 Wita
  Sabtu: 09.00 s.d 14.30 Wita
  Minggu: 09.00 s.d 14.30 Wita

Download Pedoman Akademik MM disini